HeadlineNasional

KPK Periksa Eks Dirut PT Dirgantara Indonesia Budi Santoso

BATAMINFO — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa mantan Direktur Utama (Dirut) PT Dirgantara Indonesia (DI), Budi Santoso. Budi Santoso digali keterangannya untuk kebutuhan pengumpulan alat bukti terkait dugaan korupsi di PT Dirgantara Indonesia.

Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri mengamini adanya pemeriksaan terhadap Budi Santoso. Kata Ali, pihaknya memang memintakan keterangan sejumlah pihak yang diantaranya mantan pegawai PT Dirgantara Indonesia dan pihak swasta untuk pengumpulan alat bukti.

“Bahwa benar hari ini KPK memeriksa beberapa pihak antara lain mantan pegawai BUMN PT DI dan pihak swasta terkait kegiatan pengumpulan alat bukti dugaan korupsi di PT DI,” kata Ali saat dikonfirmasi, Jumat (5/6/2020).

Ali masih enggan membeberkan lebih detail dalam kapasitasnya sebagai apa Budi Santoso diperiksa. Sebab, KPK saat ini masih mengumpulkan alat bukti untuk mengusut dugaan korupsi di PT DI.

“Untuk sementara demikian keterangan yang dapat kami sampaikan, Perkembangannya akan kami sampaikan lebih lanjut,” ujarnya.

Belakangan, KPK mengendus adanya dugaan korupsi di tubuh PT Dirgantara Indonesia (Persero). Saat ini, KPK sedang mengumpulkan alat bukti terkait dugaan kasus rasuah di tubuh salah satu perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut.

Tak hanya itu, KPK juga disebut-sebut telah menetapkan dua orang terkait dugaan kasus korupsi di tubuh PT Dirgantara Indonesia. Kendati demikian, belum ada informasi resmi dari KPK terkait penetapan tersangka itu.

PT Dirgantara Indonesia merupakan satu-satunya perusahaan yang bergerak di industri pesawat terbang di Indonesia. PT Dirgantara tercatat memproduksi berbagai pesawat dan helikopter, senjata, serta jasa pemeliharaan untuk mesin-mesin pesawat.

Dirgantara Indonesia juga disebut sebagai perusahaan sub-kontraktor untuk industri pesawat terbang besar di dunia seperti Boeing, Airbus, serta Fokker. Dugaan korupsi di PT Dirgantara Indonesia diduga terjadi sudah cukup lama.

Sumber : okezone.com

Redaksi
Penulis : Redaksi

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: