HeadlineNasional

Banjir Rendam Empat Desa di Tanah Paser, Kalimantan Timur

belum ada korban jiwa

Banjir merendam empat desa di Kecamatan Batu Sopang, Kabupaten Tanah Paser, Kalimantan Timur

 

BATAMINFO — Banjir merendam empat desa di Kecamatan Batu Sopang, Kabupaten Tanah Paser, Kalimantan Timur sejak Sabtu (4/4/2020). Menurut laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Paser, banjir tersebut terjadi setelah DAS Kandilo meluap karena tak mampu menampung meningkatnya debit air yang dipicu oleh intensitas curah hujan tinggi.

Adapun rinciannya empat desa yang terendam banjir dengan Tinggi Muka Air (TMA) setinggi 50-150 sentimeter itu meliputi Desa Batu Kajang sebanyak 12 Rukun Tetangga (RT) dengan jumlah KK yang terdampak 347/1.242 jiwa.

“Kemudian Desa Songkak sebanyak 3 RT dan total warga terdampak sebanyak 1010 KK/357 jiwa, ” Agus Wibowo, Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Minggu (5/4/2020).

Banjir merendam empat desa di Kecamatan Batu Sopang, Kabupaten Tanah Paser, Kalimantan Timur

Selanjutnya Desa Kasungai dengan jumlah 33KK/102 jiwa yang terdampak dan yang terakhir Desa Legai sebanyak 148KK/557 jiwa, sehingga total korban bencana banjir di Kecamatan Batu Sopang adalah 629KK/2.258 jiwa.

Menurut laporan sementara, tidak ada korban jiwa dalam bencana banjir. Namun beberapa rumah dan bangunan lainnya rusak karena terdampak banjir dan kerugian masih dalam pendataan lebih lanjut.

“Sementara tim gabungan yang siaga adalah BPBD Kabupaten Paser, Polsek Batu Sopang, Koramil Batu Sopang, PMI Ranting Batu Sopang, beberapa badan usaha, relawan dan masyarakat, ” kata Agus. (bs)

 

Redaksi
Penulis : Redaksi

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: