FinaltiHeadline

Tak Setuju Main di Tempat Netral, Liga Inggris Bisa Dibatalkan

BATAMINFO — CEO Asosiasi Manajer Liga (LMA), Richard Bevan, mengatakan Liga Inggris 2019-2020 bisa dibatalkan jika mayoritas klub tidak setuju sisa kompetisi dilanjutkan di tempat netral. Dalam pandangan Bevan, klub juga memiliki peran dalam menentukan kelanjutan Liga Inggris 2019-2020.

Pada Jumat 1 Mei 2020, para petinggi klub Liga Inggris 2019-2020 melakukan pembicaraan. Dalam pembicaraan itu menimbulkan sejumlah keputusan, salah satunya wacana menggelar sisa kompetisi di tempat netral.

Stadion Old Trafford

(Stadion Old Trafford, salah satu venue netral Liga Inggris 2019-2020)

Tujuan laga digelar di tempat netral demi menghindari penumpukan suporter di luar stadion (suporter bisa berkumpul di luar stadion meski laga diputuskan digelar tanpa penonton). Karena itu, wacana di atas pun diambil.

Tercatat ada delapan stadion yang akan dijadikan venue, yakni Stadion American Express kepunyaan Brighton and Hove Albion, Saint Mary (Southampton), Stadion Emirates (Arsenal) Stadion London (West Ham United) Villa Park (Aston Villa), King Power (Leicester City), Stadion Old Trafford (Manchester United) dan Etihad (Manchester City).

Hanya saja, meski stadion mereka ditunjuk sebagai venue tempat netral, bukan berarti tim tersebut akan tampil di kandang sendiri. Ambil contoh Manchester United yang bermarkas di Stadion Old Trafford. Nantinya, Man United takkan melanjutkan sisa musim ini di kandang mereka, meski dalam pertandingan tertentu berstatus sebagai tuan rumah.

Kondisi itulah yang dikeluhkan CEO Brighton & Hove Albion, Paul Barber. Barber keberatan laga digelar di tempat netral. Sebab, dalam sembilan pertandingan tersisa, lima pertandingan di antaranya tercatat digelar di kandang sendiri.

Empat dari lima lawan yang mereka hadapi pun masuk kategori berat yakni Arsenal, Manchester United, Liverpool dan Manchester City. Jika bermain di kandang sendiri (meski tidak dihadiri penonon), semangat Aaron Connolly dan kawan-kawan dipercaya bakal membuncah dan bakal membantu mereka mengunci poin penuh.

Sementara itu jika di laga digelar di tempat netral, Brighton berpotensi kehilangan banyak poin. Dengan begitu, tim asuhan Graham Potter itu berpotensi terdegradasi di akhir musim. Saat ini Brighton yang menduduki posis 15 dengan 29 poin, hanya unggul dua angka dari Bournemouth yang menempati tangga ke-18, atau batas terakhir tim yang terdegradasi.

“Ya, saya pikir itu mungkin benar (kompetisi dibatalkan jika tim tidak setuju wacana laga digelar di tempat netral). Pada Senin depan akan dilakukan voting dengan sejumlah klub,” kata Bevan mengutip dari The Sun, Kamis (7/5/2020).

Sumber : okezone.com

Redaksi
Penulis : Redaksi

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: