HeadlineRupa-Rupa

Aplikasi Populer Edit Video, VivaVideo, Ternyata Berbahaya

SALAH satu aplikasi video editor paling populer di Android, yakni VivaVideo, ternyata tak aman seperti yang dikira selama ini. Padahal aplikasi ini sudah diunduh jutaan kali oleh pengguna.

Adalah perusahaan keamanan VPNPro menyatakan aplikasi VivaVideo ternyata membawa spyware di dalamnya. Ini tentu saja bahaya bagi 11 juta pengguna yang sudah mengunduh aplikasi ini.

Bahaya yang ditemukan oleh VPNPro, adalah setidaknya aplikasi VivaVideo meminta enam permission berbahaya. Termasuk, izin untuk menggunakan GPS, kemampuan membaca kondisi ponsel, membaca kontak, bahkan log panggilan.

“Aplikasi ini meminta izin yang terlalu jauh dan berbahaya, termasuk kemampuan membaca dan menulis file ke drive eksternal, termasuk lokasi GPS spesifik pengguna, yang tentunya tak dibutuhkan untuk aplikasi edit video,” cetus Jan Youngren, seperti dikutip dari Mirror, Senin (8/6).

Bahanya lagi, VivaVideo dikembangkan oleh QuVideo yang berbasis di China, di mana mereka juga membuat lima aplikasi mirip yang diklaim sama berbahaya soal meminta permissions.

“Aplikasi itu juga teridentifikasi sebagai malware oleh Microsoft, mengandung Trojan yang dikenal dengan AndroidOS/AndroRat. Trojan semacam itu bisa mencuri bank, uang kripto dan PayPal,” ujarnya.

Hal yang harus dilakukan oleh pengguna yang sudah telanjur menginstal aplikasi ini pun diminta untuk menghapusnya segera bila tidak memberikan manfaat.

Sumber : uzone.id

Redaksi
Penulis : Redaksi

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: