Seleb

5 Kondisi Ini Kurang Tepat untuk Bercanda, Sebaiknya Jangan Dilakukan

Penting memperhatikan kapan dan dimananya

BERCANDA memang terkadang perlu untuk bisa sedikit mengurangi stres karena beban suatu masalah yang menumpuk. Terkadang dengan bercanda suasana hati menjadi lebih sedikit gembira. Banyak orang yang memanfaatkan waktu kebersamaan dengan saling bercanda satu dengan yang lainnya.

Banyak manfaat yang didapat ketika orang suka bercanda, akan tetapi kita juga sebaiknya tidak melupakan kapan dan bagaimana situasi yang sedang terjadi. Adapun 5 situasi yang kurang tepat untuk bercanda di antaranya:

1. Sedang dalam pembicaraan yang serius

5 Situasi Ini Kurang Tepat untuk Bercanda, Sebaiknya HindariUnsplash.com/wocintechchat

Situasi yang kurang tepat untuk bercanda ialah ketika sedang dalam pembicaraan yang serius. Terkadang orang justru akan tersinggung jika kita sebagai pendengar justru malah bercanda ketika ia sedang serius membicarakan sesuatu.

Tidak jarang pula orang akan merasa kesal dengan sikap bercanda kita, alhasil ia bisa jadi malas berbicara hal-hal serius lagi dengan kita nantinya. Lebih parahnya lagi kamu bisa tidak diikutkan dalam pembicaraan serius di suatu pertemuan dengan kelompokmu.

2. Saat situasi gawat

5 Situasi Ini Kurang Tepat untuk Bercanda, Sebaiknya HindariPixabay.com/sasint

Jagalah sikap di mana pun dan kapan pun, begitu pula dengan kebiasaan yang suka bercanda dengan orang. Sebaiknya hindari bercanda pada situasi gawat, orang akan lebih cenderung tidak suka denganmu atau bahkan marah akan sikapmu.

Ketika orang lain dalam posisi yang kurang baik ataupun keadaan dalam situasi gawat, bercanda menjadi suatu hal yang tidak etis dan menyebalkan bagi sebagian orang.

3. Ketika orang lain sedang berduka

5 Situasi Ini Kurang Tepat untuk Bercanda, Sebaiknya HindariPixabay.com/rubberduck1951

Jauhi bercanda ketika dalam suasana orang lain sedang berduka. Sebaiknya hormatilah mereka yang memang pada posisi yang sedang susah, sebaiknya hibur orang tersebut supaya kesedihannya tidak berlarut.

Ketika kamu bercanda pada saat orang lain dalam posisi berduka, kamu bisa dipandang sebagai orang yang tidak punya hati. Bahkan terkadang juga bisa saja orang tersebut justru akan membencimu dan membalas perlakuanmu di kemudian hari.

4. Ketika dalam sebuah acara formal

5 Situasi Ini Kurang Tepat untuk Bercanda, Sebaiknya HindariPixabay.com/Chantellen

Bercanda harus tau tempat dan waktu yang tepat, sebaiknya hindari dulu bercanda ketika dalam sebuah acara formal. Acara yang mungkin biasa saja orang lain menganggapnya suatu yang sakral, penting dan butuh ketenangan.

Ketika kamu justru bercanda dalam situasi demikian, bisa jadi kamu akan dipandang tidak menghormati acara tersebut. Hindarilah supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

5. Dalam suatu tempat atau acara ibadah

5 Situasi Ini Kurang Tepat untuk Bercanda, Sebaiknya HindariPixabay.com/innokurnia

Hindari juga bercanda pada suatu tempat atau acara ibadah. Bercanda di tempat ibadah selain akan membuat kita dipandang tidak sopan juga akan membuat kita tergolong orang yang kurang baik karena tidak menghormati tempat ibadah. Begitu pula ketika ada acara ibadah yang digelar, sebaiknya hormati dan jangan jadikan bercanda menjadi suatu hal yang bisa kamu lakukan seenaknya.

Itulah 5 situasi yang kurang tepat untuk bercanda. Walaupun terkadang beberapa orang ada yang kurang memperhatikan situasi dan kondisi yang sedang terjadi, sebaiknya mulailah dari diri sendiri untuk mulai bisa menghindarinya demi kebaikan bersama.

Sumber : IDN Times

Redaksi
Penulis : Redaksi

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: