Batam

INSA : BP Batam Harus Sigap Hadapi Dampak Corona

berdampak pada penurunan produksi sektor industri lainnya

BATAM– Ketua Indonesian National Shipowners’ Association (INSA) Kota Batam, Oesman Hasyim pun meminta agar pihak Badan Pengusahaan (BP) Batam, dapat lebih sigap dalam menghadapi permasalahan yang diakibatkan oleh virus corona.

“Masalah yang dihadapi Batam saat ini, sebelumnya sudah pernah dilalui oleh Batam disaat adanya krisis global. Namun Batam dapat tetap bertahan dan tetap mengalami pertumbuhan ekonomi hingga 7 persen,” kata dia, Rabu (11/3/2020)

Apabila tidak segera diatasi, Oesman menilai akan berdampak pada penurunan produksi sektor industri lainnya. Selain itu, hal ini juga akan berdampak terhadap arus keluar masuk barang ke Batam.

Padahal menurutnya, Batam dinilai mampu menghadapi pukulan perekonomian ini jika antara stakeholder saling bekerjasama dalam memanfaatkan situasi. Kemampuan Batam dalam menghadapi dampak ekonomi global juga didukung oleh letak yang stategis.

Dengan demikian, kebijakan para pimpinan BP Batam, diharapkannya dapat segera terealisasi disaat pertumbuhan ekonomi dunia yang saat ini terpukul.

Salah satu kebijakan yang dapat diambil, diantaranya akan langsung dirasakan dampaknya oleh industri maritim Batam. Ditambah dengan adanya informasi terbaru mengenai harga minyak dunia yang juga mengalami penurunan hingga minus 42 persen.

“Untuk itu perlu segera dilakukan pertemuan antara seluruh stakeholder dan segera mencapai kesepahaman agar tetap menjaga pertumbuhan ekonomi kita saat ini,” ujar Oesman.

Redaksi
Penulis : Redaksi

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: