HeadlineNasional

Patut Waspadai, Ada Orang Tanpa Gejala Tulari Virus Corona

BATAMINFO — Gugus Tugas Covid-19 mengidentifikasi bahwa ada sejumlah kelompok yang tidak memiliki gejala Covid-19 yang justru menularkan penyakit tersebut kepada orang lain.

Hal tersebut dikemukakan Ketua Gugus Tugas Penanganan Wabah Corona Doni Monardo dalam konferensi pers usai rapat terbatas melalui video conference di Istana Merdeka, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

“Orang tanpa gejala, mereka positif Covid-19 tapi belum sempat diperiksa dan berkeliling ke daerah dan menulari kelompok lain,” kata Doni, Senin (13/4/2020).

Berdasarkan catatan pemerintah, penurunan terbanyak bukan dari orang yang berada di rumah sakit atau yang sedang melakukan isolasi mandiri, melainkan dari kelompok yang berstatus Orang Dalam Pengawasan (ODP).

Kelompok yang rentan dan memiliki riwayat penyakit dalam, sambung Doni, diharapkan menghindari kelompok ODP untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dengan tertular wabah Covid-19.

“Kelompok yang rentan itu dan penyakit penyerta seperti hipertensi, jantung diabetes, kanker, tumor, asma dan penyakit lain agar kelompkk rentan jangan didekati dulu oleh kelompok muda yang punya potensi covid 19,” katanya.

“Dan mereka tidak sadar terpapar dan mobilitas tinggi dibutuhkan kesadaran dan kesabaran untuk tidak dekat kelompok rentan,” tegas Doni.

Maka dari itu, Doni menegaskan bahwa masyarakat harus meningkatkan kedisplinan untuk memitigasi penularan Covid-19. Menurutnya, dengan bekerja sama, penyakit ini bisa dilewati bersama.

“Ada masyarakat yang belum patuh dalam mengikuti PSBB, beliau mengingatkan kita untuk meningkatkan disiplin baik pribadi maupun kolektif. Kalau ada 1-2 warga yang tidak disiplin, harus aa keberanian dan kepedulian dari yang lain untuk saling mengingatkan,” katanya.

Sumber : cnbcindonesia.com

Redaksi
Penulis : Redaksi

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: