Seleb

Tujuh Step Bersih Rumah Agar Terhindar dari Virus Corona

publik dianjurkan menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan

Ilustrasi perempuan tengah beberes rumah (Shutterstock)

WABAH virus corana menyebabkan ratusan ribu orang terinfeksi dan ribuan orang meninggal dunia. Sehinga, Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan, wabah ini sebagai pandemi.

Sebagai sebuah usaha pencegahan, publik dianjurkan menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan termasuk lingkungan rumah.

Dilansir Suara.com dari laman Times of India, berikut pedoman menjaga kebersihan rumah yang dianjurkan oleh Pusat Pengendalian Penyakit Amerika Serikat (CDC).

1. Bersihkan setiap hari permukaan yang sering disentuh tangan secara langsung. Seperti gagang pintu, sakelar lampu, dan permukaan meja. Gunakan tisu atau lap desinfektan untuk membersihkan tempat-tempat tersebut.

2. Kenakan sarung tangan sekali pakai saat membersihkan dan mendisinfeksi permukaan lalu membuangnya setelah itu.

3. Bersihkan dengan pembersih dan disinfektan rumah tangga yang sesuai untuk permukaan. Gunakan campuran pemutih untuk membersihkan lantai. Dianjurkan untuk menggunakan campuran pemutih dalam air untuk membersihkan lantai dapur dan kamar mandi. Hati-hati menggunakan pemutih di lantai kayu. Kamu bisa menggunakan campuran cuka putih dan air untuk lantai kayu.

4. Untuk permukaan lunak seperti karpet, permadani dan tirai, singkirkan semua barang di atasnya lalu bersihkan dengan pembersih yang sesuai. Kamu bisa gunakan semprotan desinfektan. Semprotkan di seluruh permukaan dan keringkan sebelum duduk atau berjalan di atasnya.

5. Untuk pakaian kotor, cuci menggunakan pengaturan yang paling hangat dan keringkan sepenuhnya. Sepatu juga menjadi sumber bakteri dan virus, jadi sering-seringlah membersihkannya.

6. Siapkan persediaan tisu desinfektan yang mengandung alkohol 70 persen. Sangat penting jika seseorang di rumah Anda tiba-tiba sakit.

7. Hidrogen peroksida tiga persen efektif melawan virus. Anda dapat menggunakannya langsung di permukaan seperti wastafel, toilet, dan permukaan meja. Biarkan selama 10-15 menit dan basuh sampai bersih. Hidrogen Peroksida juga dapat digunakan untuk membersihkan sikat gigi yang mengandung banyak bakteri.

Sumber : suara.com

Redaksi
Penulis : Redaksi

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: