HeadlineNasional

PANRB Siapkan Smart ASN untuk Kuasai Era Digital

BATAMINFO — Tahun 2019 Indonesia berada di peringkat ke-67 dari 125 negara dalam Global Talent Competitiveness Index, dengan nilai 38,61. Untuk mengejar ketertinggalan ini perlu dipersiapkan generasi Smart ASN yang inovatif, adaptif, dan progresif untuk mewujudkan birokrasi berkelas dunia.

“Smart ASN diharapkan dapat menjadi  digital talent dan digital leader yang nantinya siap mendukung transformasi birokrasi digital di era revolusi industri 4.0,” ujar Sekretaris Deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Mudzakir saat membuka web seminar (webinar) Bincang Inspirasi ASN Edisi 5, Selasa (19/05/2020).

Era digital menuntut kemampuan dalam memanfaatkan peluang kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk membuat terobosan-terobosan baru dalam menghadapi tantangan disrupsi di era revolusi industri 4.0. Untuk itu, ASN, khususnya ASN milenial yang akrab dengan teknologi harus selalu haus akan ilmu-ilmu yang positif untuk meningkatkan wawasan dan keterampilan.

“Dimanapun, kapanpun, dan situasi apapun. Termasuk ditengah pandemi Covid-19 yang mengharuskan ASN harus bekerja dari rumah (work from home), ” katanya.

Mudzakir mengatakan selama work from home, Kementerian PANRB melalui Kedeputian SDM Aparatur telah mengadakan Bincang Inspirasi ASN sebanyak lima edisi dengan tema yang berbeda-beda, seperti berpikir positif dan tetap produktif selama pandemi, menjaga kesehatan selama WFH, produktif dengan menulis, konsistensi pengabdian sesuai dengan profesi, dan bagaimana visi ASN milenial dalam membangun birokrasi berkelas dunia.

“Ini bertujuan untuk memberikan semangat, inspirasi, dan wawasan positif sehingga kemudian termotivasi untuk terus meningkatkan kompetensi dan keterampilan dirinya sebagai ASN, ” katanya.

Ia menambahkan, webinar ini juga merupakan salah satu upaya rebranding ASN yang selama ini masih lekat dengan stigma negatif. Oleh karena itu, webinar ini tidak hanya menghadirkan pakar atau profesional, tetapi juga menghadirkan ASN-ASN inspiratif yang sudah membuktikan kontribusi nyatanya bagi masyarakat dan negara.

“Sehingga kita bisa memberikan gambaran yang lebih utuh mengenai ASN,” tuturnya.  (bs)

Redaksi
Penulis : Redaksi

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: