Rupa-Rupa

WhatsApp Siapkan Tangkal Hoax dengan Fitur Baru

fitur ini masih dalam versi beta

BATAMINFO — WhatsApp sedang mengujicobakan fitur yang membuat  dua miliar lebih penggunanya mengetahui apakah pesan broadcast yang mereka dapat adalah informasi yang benar. Namun fitur itu, search the web.

Dalam uji coba tersebut, pengguna bisa dengan cepat bisa menyisir web untuk mengetahui tentang pesan yang mereka dapat. Sebelumnya pengguna WhatsApp juga sudah bisa menyisip web guna memastikan kebenaran gambar atau foto yang diterima pengguna.

Fitur ini masih dalam versi beta dan akan diluncurkan dalam waktu dekat setelah beberapa kali uji coba lagi.

“Kami sedang mengerjakan fitur baru untuk membantu pengguna menemukan informasi lebih lanjut tentang pesan yang mereka terima yang telah diteruskan berkali-kali. Fitur ini sedang dalam pengujian, dan kami berharap untuk meluncurkannya dalam waktu dekat, “kata WhatsApp seperti dikutip dari TechCrunch, Selasa (24/3/2020).

Sebelumnya, WhatsApp mendapatkan kritikan karena tak bisa membendung penyebaran informasi menyesatkan tentang wabah virus corona COVID-19 di platformnya.

“Saya mendesak semua orang setop berbagi informasi yang belum diverifikasi grup WhatsApp,” Perdana Menteri Irlandia Leo Varadkar melaui Twitter pribadinya. “Pesan-pesan itu menakut-nakuti dan membingungkan orang-orang, menyebabkan kerusakan nyata. Dapatkan informasi dari sumber resmi dan terpercaya.”

Memberantas penyebaran disinformasi dan hoaks tentang virus corona di WhatsApp tidaklah mudah karena aplikasi chatting milik Facebook ini menerapkan fitur end-to-end encryption. Di mana pesan hanya bisa dilihat pengirim dan penerima pesan. Apalagi WhatsApp sendiri tak memonitor aliran pesan di platformnya.

“Jelas … banyak informasi palsu terus muncul di ruang publik. Kita perlu lebih memahami risiko yang terkait dengan komunikasi pada layanan end-to-end encryption,” ujar Wakil Presiden Komisi Eropa Věra Jourová, seperti dilansir dari CNN International, Kamis (19/3/2020).

Sumber : cnbcindonesia

Redaksi
Penulis : Redaksi

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: