Seleb

Yuk Bikin Bubur Ketan Hitam, Dapatkan 6 Khasiat di Dalamnya

Selain jaga daya tahan tubuh,

SIAPA yang tidak suka dengan Ketan Hitam (orang menyebutnya pulut hitam), bisa dibuat bubur, tape, cake campuran es, dan berbagai olahan cake dari ketam hitam.

Ketan hitam kerap diolah sebagai makanan tradisional yang khas dengan rasanya yang manis dan lezat. Banyak orang ketagihan dengan berbagai makanan yang terbuat ketan hitam karena cita rasa dan teksturnya yang unik.

Selain enak, ketan hitam juga mengandung banyak gizi. Beberapa kandungan zat penting yang dimiliki ketan hitam antara lain zat besi, protein, karbohidrat, serat, vitamin E, serta mineral seperti kalium, natrium, magnesium, dan zinc.

Asal kamu tahu, ketan hitam ternyata dapat menjaga kekebalan tubuh lho. Hal ini dikarenakan ketan hitam kaya akan kandungan vitamin E.

Nah selain menjaga daya tahan tubuh, ketan hitam masih memiliki manfaat kesehatan lainnya. Berikut deretan manfaat mengonsumsi ketan hitam bagi tubuh :

1. Mencegah anemia

foto: freepik.com

Kalau kamu termasuk orang yang sering mengalami gejala anemia, mengonsumsi ketan hitam bisa jadi salah satu opsi untuk mengatasinya. Hal ini karena ketan hitam memiliki kandungan zat besi yang dibutuhkan untuk proses pembentukan sel darah merah.

2. Melawan penyakit jantung

foto: freepik.com

Ketan hitam juga dipercaya mampu membantu melawan kanker dan penyakit jantung. Hal ini bisa terjadi karena ketan hitam memiliki kandungan antosianin di dalamnya.

Antosianin sendiri adalah salah satu pigmen dari antioksidan yang berperan penting untuk mengurangi kadar kolesterol jahat sehingga mampu melawan penyakit jantung.

3. Menjaga kesehatan pencernaan

foto: freepik.com

Ketan hitam memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga bisa menjaga kesehatan usus. Beras ketan hitam juga memiliki efek probiotik yang baik bagi kesehatan saluran pencernaan.

4. Mencegah kegemukan

foto: freepik.com

Karena mengandung serat yang tinggi, mengonsumsi ketan hitam akan membuatmu merasa cepat kenyang dan tidak cepat merasa lapar. Dengan pola makan yang terjaga, kegemukan akan mudah dicegah.

5. Membantu proses pembentukan sel dan jaringan

foto: freepik.com

Setelah serat, kandungan lain yang dimiliki ketan hitam ialah protein. Dengan kandungan protein inilah mengonsumsi ketan hitam dapat membantu proses pembentukan sel dan jaringan dalam tubuh.

6. Membantu detoksifikasi tubuh

foto: freepik.com

Ketan hitam juga memiliki kandungan fitonutrien yang dapat membantu proses detoksifikasi tubuh. Mengonsumsi ketan hitam secara sering juga bisa melindungimu dari kerusakan organ tubuh yang disebabkan oleh radikal bebas.

Sumber : brilio.net

Redaksi
Penulis : Redaksi

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: