HeadlineKepri

BP Batam Tingkatkan Kapasitas Air di Batam 2 Kali Lipat

Anggota IV Bidang Pengusahaan BP Batam, Syahril Japarin. Photo : Ist. Humas BP Batam

BATAMINFO — Badan Pengusahaan (BP) Batam berencana akan menambah jumlah kapasitas air di Batam. Dari sebelumnya ketersediaan air sebanyak 360 Juta meter kubik (m3), menjadi 660 juta m3 dalam setahun. Anggota Bidang Pengusahaan BP Batam, Syahril Japarin mengatakan, penambahan kapasitas air sebesar 300 juta m3 tersebut akan dilakukan tahun 2020 ini.

Dari penambahan ini, Syahril berharap akan berujung pada ketersediaan air baku yang mencukupi, sehingga layanan kepada masyarakat akan semakin baik. BP Batam yang akan mengambil alih pengelolaan air dari PT Adhya Tirta Batam (ATB) pada akhir 2020 ini, kemungkinan juga akan memberikan banyak kemudahan kepada masyarakat Batam, termasuk efisiensi tariff yang tengah dikaji.

“Nanti ada kemungkinan kita berikan layanan lebih baik kepada masyarakat. Harga air sementara kita review, kita lihat ada beberapa hal yang mungkin menjadi efisiensi,” kata Japarin menjelaskan.

Meskipun manajemen utama ada di BP Batam, Syahril menjelaskan pihaknya tetap akan menggunakan pihak ketiga, yang merupakan badan usaha yang secara teknis akan mengurus Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM). Pada prosesnya, tenaga yang dioptimalkan dari SPAM pengganti ATB yang telah sekitar 25 tahun mengelola air di Batam ini, tetap mengutamakan mereka yang berasal dari ATB.

“Kita utamakan karyawan ATB yang ada sekarang, sesuai dengan klasifikasi yang dibutuhkan,” kata Syahril lagi.

Lebih jauh, BP Batam nantinya akan menyiapkan klasifikasi air sesuai peruntukannya. Sehingga air yang sebelumnya disamaratakan menjadi limbah setelah dipakai, bisa diolah dan dioptimalkan lagi untuk keperluan lain yang bisa menggunakan air limbah, seperti kegiata industri dan sebagainya.

Kepala BP Batam, Muhammad Rudi menuturkan, klasifikasi air ini akan mendorong pemanfaatan air secara secara sempurna. “Kita siapkan juga klasifikasi airnya, supaya air bersih bisa dipakai secara sempurna, sementara air limbah bisa digunakan sesuai dengan peruntukannya,” kata Rudi.

Sumber : gowest.id

Redaksi
Penulis : Redaksi

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: