BatamHeadline

BP Batam Siapkan Rp200 Miliar untuk 300 Ribu Warga Batam Terdampak Covid-19

BATA MINFO — Badan Pengusahaan (BP) Batam menyiapkan anggaran hampir Rp 200 miliar untuk memastikan ketersediaan bantuan sembako bagi masyarakat Batam. Anggaran tersebut diharapkan bisa memenuhi kebutuhan 300 ribu masyarakat Batam yang dinilai membutuhkan akibat pandemi Covid-19.

Kepala BP Batam, Muhammad Rudi pada Selasa (28/4) kemarin menuturkan, nantinya warga Batam yang telah terdata ini akan menerima bantuan dari BP Batam sebanyak dua kali dalam kurun waktu 2 bulan lamanya.

“BP Batam juga berkontribusi untuk sembako, anggaran BP Batam hampir Rp 200 miliar, ini sangat membantu sekali bagi pengangguran, sembako ini akan yang kita bagikan,” kata Rudi menjelaskan.

Rudi melanjutkan, ia ingin mengajak masyarakat melihat persoalan yang diakibatkan Covid-19 ini secara utuh. Dimana operasional pemerintahan Kota Batam di Pemerintah Kota (Pemko) Batam dan BP Batam harus tetap berjalan, dengan tidak menomorduakan layanan kepada masyarakatnya. Hal itu yang saat ini tengah diupayakan Rudi, sebagai Wali Kota sekaligus Kepala BP Batam.

Berangkat dari hal itu, Rudi mengaku telah menyurati instansi yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, seperti PT Adhya Tirta Batam (ATB) dan Bright PLN Batam untuk memberikan keringanan kepada masyarakat. Pada prosesnya, upaya tersebut telah membuahkan hasil dimana ATB bersedia menggratiskan biaya air bagi pelanggan 20 meter kubik (m3) selama tiga bulan, terhitung mulai April hingga Juni 2020 mendatang.

Sementata untuk sektor layanan kelistrikan sendiri, Bright PLN Batam akan memberi diskon tambahan selain gratis 3 bulan bagi pelanggan 450 VA dan diskon 50 persen bagi pelanggan 900 VA. Diskon tambahan tersebut didapat untuk rumah ibadah melalui surat keterangan abodemen yang dikeluarkan Bright PLN Batam untuk meringankan biaya tagihan ke tempat-tempat ibadah.

Selain itu, Rudi mengaku tengah berupaya untuk meminta agar masyarakat Batam yang kebanyakan berlangganan listrik di atas 900 VA tetap mendapatkan diskon dari anak perusahaan PT. PLN (Persero) ini.

“PLN (Bright PLN Batam) bilang akan bikin SK abodemen, jadi rumah ibadah yang pasang 16 Ampere dibikin dengan pembayaran 2 Ampere. Setelah normal baru dikembalikan ke kondisi awal. Saya juga berharap pelanggan di atas 4 Ampere juga bisa dibuat diskon,” kata Rudi lagi.

Sumber : gowest.id

Redaksi
Penulis : Redaksi

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: