HeadlineNasional

Rahma Kini Menjabat Plt Walikota Tanjungpinang

BATAMINFO — Masyarakat Tanjungpinang sedang berduka atas meninggalnya Walikota Tanjungpinang H Syahrul, Selasa (28/4) sore. Syahrul meninggal dan langsung dimakamkan di Taman mahkam Pahlawan Batu 5 Setelah ia menjalani perawatan di RSUD RAT Kepri sekitar 17 hari, akibat terpapar virus Korona.

Pemko Tanjungpinang melalui Humas mengimbau masyarakat untuk memasang bendera setengah tiang, tanda penghormatan dan duka atas berpulangnya H Syahrul.

Pusaran Taman Mahkam Pahlawan (TMP) Batu 5 Bawah sampai kemarin masih dikunjungi masyarakat untuk sekedar melihat tempat peristirahatan terakhir kepala daerah dan mengirimkan doa-doa.

Tanpa mengurangi rasa duka yang sedang menyelimuti warga khususnya pihak keluarga almarhum H Syahrul, roda pemerintahan terus berlanjut.

Posisi atau jabatan Walikota yang ditinggalkan sahrul akan dijabat oleh Wakil Walikota Tanjungpinang yang kini menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Tanjungpinang. Rahma sudah menjabat sebagai Pelaksana Harian (Plh) saat H Syahrul masih menjalani perawatan di rumah sakit.

Kapuspen Kemendagri RI, Bahtiar Baharuddin menuturkan, secara otomatis wakilnya kini menjabat sebagai Plt yang artinya melaksanakan tugas rutin dari pejabat definitif yang berhalangan tetap.

Terkait mekanisme pergantian kepala daerah, ia menuturkan berdasarkan usulan DPRD Tanjungpinang tentang pergantian wakil walikota menjadi walikota defenitif ke Kemendagri melalui Gubernur Kepri.

Terkait proses ini, dituturkannya berdasarkan kesiapan di DPRD itu sendiri.

Disinggung mengenai mekanisme pengisian wakil walikota, berdasarkan usulan partai politik atau gabungan partai pengusung ke DPRD Tanjungpinang dan dari nama-nama itu nantinya akan dipilih oleh anggota DPRD.

“Nanti setelah proses pengisian walikota defenitif. Ketentuannya sama seperti proses di daerah lain, berdasarkan UU yang berlaku,” ucapnya.

Redaksi
Penulis : Redaksi

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: