HeadlineNasional

Pasien Corona Usia 30-59 Tahun Paling Banyak Meninggal, Ini Penjelasan Pakar

BATAMINFO — Juru Bicara Pemerintah untuk Percepatan Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto membeberkan golongan usia yang paling banyak meninggal akibat virus corona di Indonesia. Berdasarkan data yang dikantongi pemerintah, mayoritas golongan yang paling banyak meninggal ada di kisaran usia 30 sampai 59 tahun.

Sejak pertama kali munculnya virus corona di Indonesia pada awal Maret hingga 28 April 2020, tercatat ada 773 orang meninggal. Dari jumlah tersebut, sebanyak 351 orang berusia di kisaran 30 sampai 59 tahun.

Sedangkan di kisaran umur 0 sampai 4 tahun tercatat ada 2 orang meninggal. Kemudian pada rentang usia 5 hingga 14 tahun dilaporkan ada 19 orang.

Sementara untuk usia 60 sampai 79 tahun terdata ada sebanyak 302 orang meninggal. Terakhir untuk rentang usia di atas 80 tahun yang meninggal ada 27 orang.

Dari data tersebut, pasien corona yang paling banyak meninggal berada di rentang usia 30 sampai 59 tahun. Lantas, kenapa golongan usia di atas 30 tahun paling banyak meninggal karena covid-19?

Dewan Pakar Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI), Hermawan Saputra, mengatakan itu adalah hal yang normal. Apalagi jika sudah berusia 50 tahun ke atas, daya tahan tubuhnya mulai menurun.

“Iya itu wajar secara risiko usia, terutama di atas 50 tahun, karena adanya penurunan imunitas,” kata Hermawan saat dikonfirmasi Okezone, Rabu (29/4/2020).

Selain karena faktor penurunan imunitas, kata dia, mayoritas usia di atas 50 tahun yang meninggal karena covid-19 disertai komorbid atau penyakit penyerta. Sehingga, covid-19 memengaruhi penyakit penyerta seperti hipertensi, jantung, paru-paru, hingga asma.

“Dan (yang meninggal) kemungkinan disertai komorbid (penyakit penyerta),” pungkasnya.

Sumber : okezone.com

Redaksi
Penulis : Redaksi

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: